Langsung ke konten utama

2018 versi Fitri Puspita

Page 4 of 365


Hari ke 4 dalam tahun 2018 sudah hampir berakhir dan aku belum menulis apa pun tentang resolusiku tahun ini. Di malam yang syahdu ini aku mencoba untuk menuliskan resolusi 2018 versi Fitri Puspita. Terakhir kali aku menulis resolusi itu masa-masa kuliah, masa yang berapi-api, semangat bergelora, belum kenal kejamnya dunia. Heh! Ngomong apa?

Setelah wisuda aku hanya ingin segera mendapatkan pekerjaan dan “live a better life”. Tapi gak jelas dalam hal apa yang better itu. Maka dari itu, tahun 2018 ini aku ingin mendeklarasikan resolusi yang ingin aku capai di tahun 2018. Menuliskan mimpi-mimpi yang ingin aku wujudkan secara lebih terperinci sehingga lebih mudah di evaluasi pencapaiannya.

Kuy lah nulis resolusinya!

1. Ibadah
Tahun lalu sempat ngambekan sama Allah karena cobaan hidup yang tiada kunjung berakhir, padahal sudah paham kalau cobaan itu pastilah hanya diberikan sesuai dengan kemampuan manusia dalam menyelesaikannya. Walaupun berat dan terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang, segalanya bisa teratasi dan Allah selesaikan ujiannya di akhir tahun lalu dengan reward yang luar biasa. Alhamdulillah. Maka dari itu, aku sebagai hamba Allah yang ngambekan merasa sangat malu sempat ngambekan sama Allah, jadi di tahun ini mimpinya itu ingin memperbaiki hubungan dengan Allah melalui peningkatan kualitas ibadah. 

Ibadah-ibadah yang ingin aku perbaiki itu :
Dhuha ; dulu waktu mahasiswa rajin nih pagi-pagi Sholat Dhuha di Mushollah FISIP USU, Alhamdulillah urusan kuliahnya lancar, sekarang mau mengulang kesuksesan masa lalu dengan mengetuk pintu langit melalui Sholat Dhuha.
Tahajjud ; sebagai hamba Allah yang ngambekan yang kebanyakan dosa, tahajjud is a must thing to do, biar dosa luntur sedikit demi sedikit.
Baca Quran ; targetnya one day one juz walaupun gak ikutan ODOJ. 
Qurban ; semua orang di rumah Siantar udah pernah Qurban, hanya aku yang belum. Tahun lalu sempat ditawari kakak kalau mau qurban dia bantu bayari tapi aku nolak karena semua orang qurban pakai duit sendiri, masa aku dibayari ya gak mau dong. Aku kurbannya pakai duit sendiri aja tahun ini, Insyaallah nabung sedikit demi sedikit pasti bisa.
Hapal 1 juz ; minimal ini ya, biar bisa nikah. Apa hubungannya cuy? Hehe. Harapannya di masa depan ingin membentuk generasi Qur’ani maka dari itu aku akan mulai dari diri sendiri dulu.

2. Self-care
Beberapa bulan terakhir aku itu gampang sakit, kehujanan sedikit langsung demam, udaranya lembab dan dingin sedikit langsung flu. Paling parah itu di minggu terakhir Desember, aku tumbang karena gelaja tipes. Kapok deh sakit-sakit lagi, makanya tahun ini mau lebih perhatian sama tubuh sendiri, apalagi hilal dinas sudah mulai kelihatan, kesehatan harus dijaga  karena “di dalam tubuh yang sehat terdapat semangat pelayanan publik yang sehat.” Hallaaahhh, melenceng ini jargonnya. :D

Berikut daftar kegiatan yang akan aku lakukan :
Makan tepat waktu, 3x sehari ; Honestly, I’m not really enjoying food as much as I enjoying beverage. Makanan yang gak pernah aku tolak itu cuma masakan Ibu Asmarni alias Mamak aku sendiri dan masakan aku sendiri, selain makanan rumah aku makan ala kadarnya aja. Ntah itu karena faktor rasa atau karena pencernaan aku yang susah berdamai dengan makanan luar rumah. It’ll be not easy to realized apalagi ceritanya sebentar lagi aku bakal tinggal terpisah dari Ibu Asmarni but I’ll try my best.
Olahraga; Kalau soal olahraga aku lumayan rajin ini soalnya badan aku suka kaku kalau gak digerakkan, makanya aku sering melakukan streching sederhana 10-15 menit setiap ada kesempatan. Semoga kedepannya juga bisa melakukan olahraga outdoor.

3. Family and Friends
Keep our good relationship ; Aku bakal tinggal di luar kota, pisah dengan orang-orang Siantar dan Medan. I hope I can keep contact and keep my relationship with all family member and friends.
Hadiah ; Semoga setiap bulannya bisa nyiapin hadiah buat mereka walaupun kecil-kecilan.
Teman baru ; Akan ketemu dengan orang-orang baru di lingkungan kerja BKN. Semoga bisa adaptasi dengan baik dan menjadi kolega/tim yang mantap dan berprestasi.

4.  Self-development
Pada saat wawancara CPNS, Bapak yang saya lupa namanya menjelaskan bahwa CPNS BKN memiliki persyaratan berbeda dengan K/L lain di poin TOEFL yang wajib dilampirkan dengan skor minimal 480. Tujuan dari persyaratan ini adalah nantinya pegawai BKN yang masih muda ataupun yang berjiwa muda akan diberi kesempatan untuk tugas belajar ke Perguruan Tinggi DN maupun LN. Angin surga gak sih itu? Seger ya cyiin. :D
Aku masih gak tau kapan kesempatan ini datang ke hadapan aku, makanya aku perlu mengembangkan diri sebagai bentuk persiapan, sejak awal, sejak dini. 

Persiapannya apa saja?
English skill  ; Bahasa Inggris aku itu masih hancur parah, apalagi kalau conversation, aku bahkan yakin hal yang menyebabkan aku cuma dapat peringkat ke lima dari enam peserta dalam sesi wawancara CPNS BKN adalah karena aku paok ketika dikasih kesempatan ngomong pakai Bahasa Inggris.
Korean skill ; My luv, my dream, my passion is study in Korea. Not only because of my love for Kpop but also because of the government policy and innovation in public services. Maybe you’ll say it just an excuse but I don’t care. Hahaha

5.  Volunteering
Aku belum tahu akan melakukan kegiatan sosial apa ketika nanti pindah ke Jakarta atau pun Banda Aceh, kegiatan volunteering akan tetap masuk daftar kegiatan yang harus aku lakukan setidaknya sehari dalam sebulan. Kalau biasanya locus aku adalah panti asuhan dan bangsal anak di rumah sakit, mungkin aku akan merubahnya ke lingkungan masyarakat. Semoga masih diberi Allah kesempatan untuk volunteering di Jakarta maupun di Banda Aceh.

6. Blogging
Semoga tahun ini aku semakin rajin menulis di blog dan meningkatkan kualitas blog ini. Pengennya mengelola blognya secara profesional.

7.  Relaxation and Travelling
Sekarang sudah punya penghasilan sendiri jadi gak merasa bersalah banget waktu ngabisin duit buat tiket, jajan, atau pun oleh-oleh. Hehe. Semoga nanti punya temen yang suka ngajak travelling seru dan ekonomis ya. Walaupun sudah kerja tetap saja statusnya anak kos kan, harus hemat. Masa iya pas travelling kepikiran tagihan listrik, air, kosan dll. Hehe

Panjang ya daftar resolusi 2018 versi Fitri Puspita. Tak masalah ya karena dalam setahun ada 365 hari. Daftar resolusi aku gak sampai 365 kok ya, Insyaallah masih bisa diwujudin dengan baik dan benar serta diridhoi Allah. Resolusi 2018 kamu gimana?

Semoga sukses di 2018 ya!
Salam dari Siantar.

XOXO

Note : Tulisan ini ditulis pada 4 Januari dan diposting pada 5 Januari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Esprecielo Allure - Japanese Green Tea Latte: Menikmati Green Tea ala Kafe di Rumah

Hi Assalamualaikum..

Selamat bertemu hari Jum'at yang penuh berkah. Hari ini aku mau berbagi review dari salah satu jenis minuman kesukaanku yaituuuuu.... green tea! Yeaaay!! Lebih tepatnya aku mau review matcha sih. Aku pertama kali nyobain matcha itu di Solaria dan langsung jatuh cinta.




[Review] The Path of Tears : Sebuah Karya Dita Safitri

Assalamualaikum..
Hai hai.. Happy-body how are you? Kalau aku lagi baik-baik aja seperti biasa dan sedang berbahagia karena cuaca Medan hari ini bersahabat. 
Kali ini aku mau review novel karya teman aku dong. Bangga
Jadi sebenarnya novel ini udah lama ada di aku sekitar tahun 2013 tapi baru terpikir mau ngulasnya hari ini. Teman macam apa kamu Pit?

[Review] Wardah Perfect Curl Mascara

Hi Assalamualaikum..
Aku balik lagi doooong~ Ada yang rindu ga? Perasaan ya haha… Bawa review produk lagi dong. Tapi kali ini produk make-up yaass.. Yang mau nungguin review makanan lain kali ya readers kesayangan. *sok udah punya readers*
Ada yang punya keluhan bulu mata? Kependekan? Ketipisan? Keturunan? *yang ini ambigu* maksud aku ga lentik gitu, ada ga? Aku dong bulu matanya ketipisan. Nah, kalau punya keluhan sama kayak aku berarti harus tetap baca tulisan ini sampai selesai yaaas..
Yang punya masalah soal bulu mata berarti harus berburu mascara dong kalau mau tampilannya lebih natural. Bisa aja sih disiasati pakai bulu mata tapi repot kan mak hari-hari nempelin bulu mata.
Produk yang aku review kali ini Perfect Curl Mascara dari Wardah. Let’s start it!