Langsung ke konten utama

Family Time sambil Menikmati Pizza Homemade



Assalamu’alaikum..
Hai Hai.. long time  no see yaaa, terakhir ngepost itu Ramadhan eh tau-tau udah Syawal aja.

Syawal itu waktunya liburan kan yaaa? Tapi buat yang gak kemana-mana jangan sedih ya tetap harus disyukuri kan, karena masih bisa quality time sama keluarga di rumah tercinta, istilahnya menciptakan suasana baiti jannati. :D

Aku juga selama lebaran ini cuma di hari pertama Syawal aja dua jam kabur bawa ponakan ke Amazone main, selebihnya itu sampai detik ini ya di rumah aja menjamu tamu.

Berhubung tamunya gak setiap jam datangnya, jadi banyak waktu luang. Jujur aja nih ya, kadang bosan juga di rumah aja. Pengennya ada kegiatan lain gitu yang berfaedah.

Kebetulan ponakan aku pengen pizza sejak Ramadhan ke 27 dan pizza adalah hal yang sangat sulit di dapat di Siantar ini, kalau di Medan gitu enak ya kan tinggal Go Food sama Abang Gojek tunggu 30 menit pizza udah nyampe rumah.

Ya sudin, pada akhirnya aku googling nyari resep pizza dan masak sendiri. Tapi pas eksekusinya malah gak sesuai resep. Tapi alhamdulillah masih enak kok, malah kata kakak aku lebih enak dari yang pernah dibawakan temannya dari Medan. Xixixixi





Bahan-bahannya gampang banget dicarinya, toppingnya dimodifikasi juga bisa. Alat masaknya juga gampang, kalo gak punya oven bisa pake teflon. Cuma ngadonnya aja aku pake Re-Bread biar hemat waktu, padahal di resep yang dari Mbah Google itu pakai tangan juga gak bakal failed.

Yuk masak!

BAHAN
Bahan Roti
1. Tepung terigu 400gr
2.      Air hangat 150ml, kalau yang suka susu bisa diganti ke susu cair
3.      Ragi instant 1sdt
4.      Telur 1butir
5.      Mentega 4sdm
6.      Garam 1sdt

Bahan Topping
1.      Brokoli 400gr, potong kecil
2.      Wortel 1buah, potong korek
3.      Jagung 400gr, pisahkan dari tungkulnya
4.      Bawang Bombay 3/4siung, iris memanjang
5.      Merica halus 1sdt
6.      Ketumbar halus 1sdt
7.      Mentega 1sdm

Bahan Saus
1.      Tomat 250gr, buang kulit dan haluskan
2.      Jamur Merang 250gr, cincang kasar
3.      Saus sambal 3sdm
4.      Bawang Putih 2siung
5.      Bawang Bombay 1/4siung
6.      Merica halus 1sdt
7.      Mentega 1sdm
Bahan Tambahan
1.      Keju Cheddar, secukupnya
2.      Keju Quick Melt, secukupnya


CARA MEMBUAT
Saus
1.      Cairkan mentega
2.      Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai kecokelatan
3.      Tambahkan seluruh bahan
4.      Aduk-aduk agar tidak gosong
5.      Angkat dan sisihkan

Topping
1.      Cairkan mentega
2.      Tumis bawang bombay sampai kecoklatan
3.      Masukkan sayur dengan urutan wortel-brokoli-jagung
4.      Diamkan selama 3 menit
5.      Tambahkan merica dan ketumbar
6.      Aduk-aduk sampai bumbu merata dan setengah matang
7.      Angkat dan sisihkan

Roti
Kemarin aku mengadon rotinya pakai Re-Bread jadi semua bahan aku masukkan ke wadah. Mencampur bahan, mengadon, sampai fermentasi dilakukan dalam satu langkah, tinggal tekan tombol start dan pekerjaan selesai.

Buat yang ngadon pakai tangan ini step-stepnya
1.      Campur air hangat dan ragi, diamkan selama 10 menit
2.      Tambahkan garam, tepung dan aduk sampai tercampur merata
3.      Tambahkan telur dan mentega
4.      Adon sampai kalis
5.      Diamkan selama 30 menit, tujuannya untuk fermentasi jadi lebih bagus itu kalau ditutup pakai serbet basah
6.      Setelah terfermentasi, bagi dua adonan dan bentuk bulat lalu giling menggunakan rolling pin atau botol kaca sampai berbentuk roti pizza

Membuat Pizza
1.      Siapkan bahan-bahan pelengkap

2. Letakkan adonan pizza diatas loyang
3.      Tambahkan saus diatas adonan, ratakan
4.      Tambahkan topping sayuran diatas saus, ratakan
 
4.      Parut keju cheddar diatas topping, kemudian ditambah lagi dengan parutan keju quick melt
5.      Panggang pizza di dalam teflon selama 15 menit, dengan api sedang dan ditutup
6.      Pizza siap dihidangkan

Lumayan panjang ya stepnya. Kalau aku urutan membuatnya itu dimulai dari mengadon rotinya di dalam Re-Bread, jadi selama rotinya di proses di Re-Bread aku bisa menyiapkan saus dan topping pizzanya.

Terus manggangnya aku pakai teflon yang untuk Presto itu makanya aku pakai loyang lagi karena dasar teflonnya agak mencekung. Kalau yang teflonnya datar bisa letakkan rotinya di atas teflonnya langsung. Total waktu yang aku gunakan untuk masak itu kira-kira 2 jam. Dan dengan bahan-bahan diatas bisa menghasilkan pizza 2 loyang sedang dengan topping penuh.

Aku sengaja milih topping sayuran karena ini masih suasana lebaran. Hubungannga apa Pit? :D
Ya kalau isinya daging nanti kalah saing sama rendang Ibu Asmarni. Kalau isinya ayam, Ibu Asmarninya yang gak bisa ikutan makan. Kalau diisi sosis atau nugget nanti banyak deh ceramah Ibu Asmarni tentang makanan siap saji yang kurang sehat dan sebagainya.

Penyajiannya bisa bersama dengan saus sambal atau saus-saus lainnya. Kata ponakan aku makan langsung aja udah enak.

Walaupun isinya full sayuran ponakan aku doyan lho. Setengah loyang itu dia sendiri yang ngabisin. Mungkin karena saus jamurnya atau karena rasa sayurnya tertutupi rasa keju ya. Jadi pizza ini bisa jadi ide buat teman-teman yang punya anak atau ponakan yang susah makan sayur.

Jadi my readers yang dirahmati Allah, selamat mencoba dan selamat menikmati liburan ya.
Mohon Maaf lahir dan bathin.

Love from Siantar
XOXO

Komentar

  1. Salah satu alasan saya males berkunjung ke postingan makanan yang kek gini, yaitu sumpah bikin laper cuy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini berlebaran.. gue masakin ��������

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Esprecielo Allure - Japanese Green Tea Latte: Menikmati Green Tea ala Kafe di Rumah

Hi Assalamualaikum..

Selamat bertemu hari Jum'at yang penuh berkah. Hari ini aku mau berbagi review dari salah satu jenis minuman kesukaanku yaituuuuu.... green tea! Yeaaay!! Lebih tepatnya aku mau review matcha sih. Aku pertama kali nyobain matcha itu di Solaria dan langsung jatuh cinta.




[Review] The Path of Tears : Sebuah Karya Dita Safitri

Assalamualaikum..
Hai hai.. Happy-body how are you? Kalau aku lagi baik-baik aja seperti biasa dan sedang berbahagia karena cuaca Medan hari ini bersahabat. 
Kali ini aku mau review novel karya teman aku dong. Bangga
Jadi sebenarnya novel ini udah lama ada di aku sekitar tahun 2013 tapi baru terpikir mau ngulasnya hari ini. Teman macam apa kamu Pit?

[Review] Relaxation Time yuk dengan Sumber Ayu Lulur Mandi Whitening+Extra Glowing+Madu

Assalamualaikum.. Apa kabar nih my beauty readers? Rindu tidak dengan aku? Pastinya tidak dong ya. Hahaha sadar diri.
Awal tahun yang berbahagia ini aku mau review produk lulur yang aku gunakan di tahun lalu. Sebelumnya mana nih #TimComotProdukMurah di mini market? Toss dulu dong kita. Hahaha. Beberapa bulan lalu aku lagi nyari serum rambut di minimarket dekat rumah, malah iseng beli lulur, ya kebetulan juga di rumah Siantar lagi kehabisan lulur.