Langsung ke konten utama

Teh Kunyit dan Jahe untuk Mengatasi Senggugut

Assalamualaikum..
Hai hai.. Malam ini aku mau berbagi tips sederhana tapi Insyaallah berfaedah, apalagi buat para wanita.

Siapa nih yang punya keluhan sakit perut yang melilit waktu masa menstruasi tiba a.k.a senggugut? Kalau my beautiful readers juga sering gitu berarti kita samaan. Yeheet!! Senang yang unfaedah.
Kalau udah kejadian itu rasanya seluruh tulang mau rontok dari badan ya, perut melilit, keringat dingin, pucat, semua yang gak enaklah terasa. Setuju? 


Aku gak akan bahas penyebabnya disini karena aku gak tau. Maaf ya. Aku cuma mau berbagi tips mengurangi rasa sakit waktu senggugut aja. 

Sebagai anak kos yang penuh dengan hal instant aku gak punya solusi apa pun selain minum jamu botolan yang hits untuk masalah datang bulan. Tapi belakang aku mulai agak khawatir karena isu ini dan itu beredar tentang si jamu botolan itu yang sebenarnya belum aku pastikan sendiri kebenarannya. Ya buat jaga-jaga aja sekarang aku udah mulai kurangi minum sang jamu botolan itu kecuali kepepet, misalnya pas lagi diluar rumah dan sedang ada kegiatan penting ya terpaksa dari pada gak bisa fokus perkara nahankan sakit ya kan. 

Nah, sebagai gantinya aku buat minuman sendiri yaitu Teh Jahe plus Kunyit. Kenapa aku bilang teh bukannya jamu? Karena konsistensinya yang bening lebih mirip teh daripada jamu yang pekat. Kalau khasiat kunyit untuk mengatasi masalah haid udah pada tau semualah ya. Kalau si jahe? Aku masukkan sebagai bahan teh ini karena khasiatnya yang memberikan efek hangat di tubuh. Biasanya kalau sedang menstruasi aku sering kedinginan dan kalau udah kedinginan senggugutnya kambuh.

Cara buatnya sederhana dan mudah, ya walaupun gak sesederhana minum jamu botolan yang tinggal beli di mini market terus langsung diminum.

Jadi, aku harap teman-teman yang punya masalah senggugut bisa mencoba teh ini untuk mengurangi rasa sakit ketika haid ya. It works on me.
Dicoba ya!!

Bahan :
1. Jahe (diparut) 1sdm.
2. Kunyit (diparut) 1sdm.
3. Madu 1sdm.
4. Garam sejumput.
5. Air 1gelas.

Cara membuat :
1. Didihkan air.
2. Masukkan parutan jahe, kuyit dan garam.
3. Aduk selama satu menit dan angkat.
4. Tuangkan dalam gelas (mau disaring atau gak bebas sesuai tingkat kerajinan ya) dan tambahkan madu. Selesai.

Aku sarankan diminum selagi hangat. Untuk yang gak begitu suka jamu, aku pikir boleh mencobanya soalnya teh ini gak begitu pekat dan gak begitu nyengat bau jamunya. 

Saran lainnya, jangan gunakan perlengkapan dapur yang berbahan plastik karena noda kunyitnya pasti susah dihilangkan. Pakai sarung tangan plastik/karet ya kalau gak mau tangannya kuning-kuning. Begitu selesai membuat tehnya perlengkapan dapurnya langsung dicuci untuk menghindarkan noda kunyitnya mengenai peralatan dapur lainnya. 

Kedengarannya rumit ya? Kalau dipraktekan gak susah kok. Dan yang lebih penting adalah manfaat dari teh ini. Jadi selamat mencoba.  

Bye senggugut!! Stay health my beautiful readers!!
XOXO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Esprecielo Allure - Japanese Green Tea Latte: Menikmati Green Tea ala Kafe di Rumah

Hi Assalamualaikum..

Selamat bertemu hari Jum'at yang penuh berkah. Hari ini aku mau berbagi review dari salah satu jenis minuman kesukaanku yaituuuuu.... green tea! Yeaaay!! Lebih tepatnya aku mau review matcha sih. Aku pertama kali nyobain matcha itu di Solaria dan langsung jatuh cinta.




[Review] The Path of Tears : Sebuah Karya Dita Safitri

Assalamualaikum..
Hai hai.. Happy-body how are you? Kalau aku lagi baik-baik aja seperti biasa dan sedang berbahagia karena cuaca Medan hari ini bersahabat. 
Kali ini aku mau review novel karya teman aku dong. Bangga
Jadi sebenarnya novel ini udah lama ada di aku sekitar tahun 2013 tapi baru terpikir mau ngulasnya hari ini. Teman macam apa kamu Pit?

[Review] Wardah Perfect Curl Mascara

Hi Assalamualaikum..
Aku balik lagi doooong~ Ada yang rindu ga? Perasaan ya haha… Bawa review produk lagi dong. Tapi kali ini produk make-up yaass.. Yang mau nungguin review makanan lain kali ya readers kesayangan. *sok udah punya readers*
Ada yang punya keluhan bulu mata? Kependekan? Ketipisan? Keturunan? *yang ini ambigu* maksud aku ga lentik gitu, ada ga? Aku dong bulu matanya ketipisan. Nah, kalau punya keluhan sama kayak aku berarti harus tetap baca tulisan ini sampai selesai yaaas..
Yang punya masalah soal bulu mata berarti harus berburu mascara dong kalau mau tampilannya lebih natural. Bisa aja sih disiasati pakai bulu mata tapi repot kan mak hari-hari nempelin bulu mata.
Produk yang aku review kali ini Perfect Curl Mascara dari Wardah. Let’s start it!